Migrain oh Migrain…..

Cerita suatu hari….

Alhamdulillah… aku bangun subuh alami, alias tanpa bantuan alaram. Hehe… Lalu segera sholat subuh. Setelah sholat subuh, karena kuliahku masuk jam 9, aku berencana untuk jogging terlebih dahulu. Tetapi rasanya malas sekali. Aku tergoda untuk berbaring lagi di tempat tidur. 5 menit, 10 menit, 15 menit… lalu aku teringat penyakit baruku, migrain. Beberapa bulan ini aku memang sering migrain. Rasanya sakit sekali, sakit kepala sebelah. beberapa kali sakit sebelah kanan, tetapi paling sering sakit di kepala bagian kiri. Bahkan biasanya dalam satu hari sakitnya dapat berpindah pindah dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Terkadang daerah sekitar mata dan alis ikut terasa sakit, serta leher pun terkadang terasa berat. Aku jadi ingin membentur-benturkan kepalaku ke tembok kalau migrainku sedang kambuh. Huft…

Awalnya aku terkena migrain sekitar 3 thn yang lalu, ketika aku akhir kelas 12 (kelas 3 SMA). Mungkin karena efek stres dan kelelahan belajar dan persiapan UN (Ujian Nasional) *kata ibu*. Setelah masuk dunia perkuliahan, migrainku hampir tidak pernah kambuh lagi. Tetapi akhir-akhir ini di semester 5, yah… mungkin sekitar dua bulan terakhir ini penyakit lama itu muncul lagi. Pada awalnya, migrainku kambuh ketika aku sedang kedatangan tamu bulanan. Tetapi sekarang hampir setiap hari aku migrain, meskipun nyerinya tidak tentu, terkadang nyeri ringan, terkadang sakit sekali. Dua kali aku kontrol ke Medical Center di kampusku, katanya aku hanya kecapekan dan stress. Tapi beberapa minggu ini, aku sendiri merasa biasa saja, tidak capek dan juga tidak stress, tetapi migrainku kambuh.


Untuk meredakan migrain, biasanya aku meminum obat anti nyeri atau obat migrain yang dijual di apotek. Tetapi karena sering membaca artikel dan berita bahwa obat kimia yang dikonsumsi terlalu banyak dan berkelanjutan dapat menyebabkan banyak efek negatif untuk tubuh, jadi aku berusaha mencari alternatif lain untuk mengurangi migrain. Aku sempat  mengeluh tentang migrainku ini kepada beberapa temanku, ada yang menyarankan untuk selalu mematikan lampu ketika aku tidur, dan sudah hampir dua bulan ini aku mencoba itu, tapi tetap saja migrainku sering kambuh. Ada yang mengatakan itu karena efek radiasi dari Handphone, lalu aku langsung meredupkan level brightness layar HP dan laptopku. Tapi beberapa temanku juga  bilang itu karena aku kurang olahraga. Jujur, aku memang malas berolahraga. Terkadang alasanku karena tidak sempat dan tidak ada waktu, padahal hampir tiap pagi ada waktu luang yang biasanya aku isi dengan kebiasaan buruk, “tidur lagi” setelah sholat subuh. Karena masih penasaran dengan penyebab migrainku ini, aku browsing di internet. Ada beberapa penyebab migrain. Dan hasilnya, hampir semua penyebab migrain aku lakukan. Parah. Nah… dari beberapa sumber, beberapa kebiasaan yang terkesan sepele yang dapat memicu terjadinya migrain diantaranya

…….


1.    Menurunnya hormon Estrogen ketika Menstruasi
Banyak wanita yang sering mengalami migrain sebelum dan saat menstruasi (datang bulan). Itu dikarenakan hormon estrogen menurun dan rendah. Maka ketika sedang menstruasi, sangat dianjurkan meningkatkan konsumsi kedelai untuk membantu meningkatkan produksi hormon estrogen. Kedelai mengandung isoflavones. Isoflavones adalah sejenis phytonutrient, yang kaya dalam kacang kedelai dan produk kacang kedelai itu sendiri. Isoflavones terdiri dari 2 jenis, yaitu Daidzein dan Geinistein. Struktur dari Isoflavones sama dengan struktur kimia dari esterogen dan esterogen itu sendiri memiliki peran yang sangat penting dan aktif didalam proses penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh hormon.


2.    Tidak sarapan pagi
Tahu tidak? Sarapan pagi itu sangat penting lho. Mungkin ada beberapa orang yang sering menyepelekan sarapan pagi. Terkadang saking terburu-buru berangkat ke kantor atau ke kampus, tidak sedikit orang yang hanya makan roti dan minum susu untuk sarapan. Padahal itu belum cukup untuk mengisi stamina kita sampai siang hari nanti, apalagi kalau kita tidak mengkonsumsi apapun saat sarapan, terutama untuk orang yang aktif. Nah… karena kebiasaan  tidak sarapan inilah, kita gampang terkena migrain. Jadi, usahakan makan nasi setiap pagi untuk mengawali aktifitas kita sehari-hari.


3.    Terlambat makan siang
Sering terlambat makan siang diteliti sebagai salah satu pemicu datangnya migrain. Karena tubuh membutuhkan asupan energi setelah beraktifitas dari pagi hingga siang hari.


4.    Perubahan pola tidur dan sulit bangun pagi
Untuk sebagian orang yang mempuanyai pola tidur yang tidak sehat atau tidak teratur, misalnya tidur dini hari, bangun pagi, kemudian tidur lagi dan bangun ketika siang hari, itu sangat merugikan tubuh kita, bahkan kita kehilangan waktu produktif kita. Sebaiknya mulai sekarang membiasakan diri untuk menguranginya. Biasakan tidur tidak terlalu larut malam dan bangun ketika pagi hari. Karena salah satu manfaat bangun pagi yaitu pikiran kita bisa lebih tenang, fresh, dan tidak tergesa-gesa, sehingga mengurangi resiko stress.

5.    Kurang tidur dan istirahat
Aktifitas sehari-hari yang aktif seringkali menyebabkan melupakan istirahat, salah satu contohnya adalah kebiasaan beraktifitas penuh dari pagi sampai malam, dan tidur terlalu larut karena mengejar deadline tugas kuliah/kantor dalam semalam suntuk, bahkan baru beristirahat ketika subuh. Aktifitas tubuh yang seperti itu dapat mengakibatkan kelelahan dan stres. Jadi utamakan untuk beristirahat teratur dan efektif ketika sedang banyak beraktifitas.


6.    Kurang olahraga
Kebiasaan yang satu ini adalah yang paling tren terjadi di kalangan anak muda, terutama perempuan. Tubuh yang tidak terbiasa berolahraga akan mengalami banyak penurunan kualitas. Salah satu efek kurangnya olahraga yaitu peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga pasokan oksigen ke sel-sel seluruh tubuh bahkan ke otak menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu pemicu migrain. Jadi, mulai sekarang bisakanlah berolahraga untuk mengaktifkan dan melatih otot-otot, melancarkan sistem peredaran darah, menguatkan jantung, menghasilkan kalori, membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh dalam bentuk keringat agar tidak menumpuk.


7.    Kebiasaan menyantap makanan dan minuman dingin
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin, terutama dalam suhu dan cuaca yang ekstrim dapat menyebabkan migrain.

8.    Terlalu lama menatap layar monitor
Untuk sebagian orang yang sering berkutat di depan komputer, laptop dsb, dalam waktu yang lama,  sebaiknya mengatur waktu istirahat secara kontinyu. Karena ketika terlalu lama menatap monitor, mata akan kelelahan karena efek radiasi dan pancaran sinar dari monitor. Sebaiknya 30 menit sekali, istirahatkan mata kita dengan cara mengalihkan pandangan ke luar monitor untuk mengurangi ketegangan pada otot mata dan membuat mata menjadi fresh kembali. Selain itu, jangan lupa atur brightness monitor agar tidak terlalu terang, juga tidak terlalu redup.

9.    Terlalu sering mengkonsumsi kafein, teh atau kopi dan kurang air putih
Menurut beberapa sumber, kafein dapat meredakan migrain. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi 1 cangkir teh atau kopi panas ketika migrain melanda. Tetapi, makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat memicu migrain. Tentu saja tergantung kasdar dan penyajiannya, benar atau tidak. Teh dan kopi merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi sehari-hari. Bahkan tidak jarang beberapa orang lebih banyak meminum teh dan kopi setiap harinya daripada minum air putih. Teh dan kopi apabila dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan, akan membantu mengurangi resiko diabetes, bahkan mengurangi resiko penyakit jantung. Tetapi ketika mereka dikonsumsi secara berlebihan, bahkan melampaui asupan air putih kita sehari-hari, maka itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Di dalam kopi mengandung banyak kafein, sedangkan teh sendiri mengandung setengah kafein dari kopi. Jadi kurangi asupan kopi dan teh yang berlebihan, dan seimbangkanlah dengan mengkonsumsi air putih, minimal 7-8 gelas perhari.

Nah….. itulah beberapa hasil rangkuman saya mengenai penyebab migrain. Sebenarnya masih banyak lagi, tetapi itu mungkin yang paling umum yang sering saya lakukan. Setelah membaca beberapa artikel terkait penyebab migrain, ternyata kebiasaan-kebiasaan buruk saya seperti yang tertera di atas lah yang mungkin menyebabkan saya sering migrain. So, ayo sama-sama benahi pola hidup kita sehari-hari. Budayakan pola hidup sehat dengan bangun pagi, minum air putih, dan berolahraga ringan setiap hari. Jangan lupa perhatikan asupan gizi untuk dikonsumsi setiap harinya.

Tetapi ada beberapa tips meredakan migrain. Mngkin bisa bermanfaat ketika keadaan darurat. Beberapa tips meredakan migrain yang aku dapatkan dari beberapa website yaitu:
1.    Ikan


Selain dapat menyehatkan jantung, mengonsumsi ikan juga bisa menghilangkan migrain. Ikan kaya akan omega-3 dan asam lemak EPA dan DHA. Penelitian awal yang dilakukan di Universitas Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat tentang anti-inflamasi, senyawa dalam ikan menunjukkan bahwa lemak ikan yang dibuat menjadi suplemen dapat mengurangi frekuensi serta keparahan migrain selama enam minggu.

2. Kopi


Banyak orang yang tahu bahwa kopi malah membuat sakit kepala, padahal justru kopi dapat meredakan migrain asal tidak dikonsumsi berlebihan. Kandungan asetaminofen dan aspirin dalam kafein dapat mengecilkan pembuluh darah yang bengkak di otak. Minumlah secangkir atau dua cangkir kopi saat migrain menyerang Anda.

3. Jahe


Penelitian menunjukan bahwa jahe yang dipanaskan mengandung beberapa senyawa ampuh yang sama dengan obat anti inflamasi. Jahe bisa memblokir zat inflamasi yang disebut prostaglandin. Peneliti memang belum mengujinya secara intensif, tapi jahe dapat mengurangi rasa mual yang sering datang bersamaan dengan migrain.

Anda dapat menggunakan jahe yang berbentuk bubuk. Saat migrain menyerang, campurkan beberapa sendok teh bubuk jahe ke dalam segelas air, lalu meminumlah setiap beberapa jam untuk membantu meringankan rasa sakit. Jika ingin lebih praktis, siapkan permen jahe kering di saku Anda.

4. Makanan yang Kaya Magnesium


Rendahnya tingkat magnesium dapat membuat otak menjadi lebih sensitif sehingga bisa memicu migrain. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Normalnya, wanita mendapatkan jumlah magnesium sebanyak 310-320 mg per hari. Sedangkan untuk pria, magnesium yang dibutuhkan kurang lebih 400-420 mg.

Biji labu bakar menjadi salah satu sumber terkaya magnesium yang memiliki sekitar 151 mg setiap 30 gram. Kacang Brazil juga mengandung 107 mg per 30 gram. Selain itu, almond pun mengandung 78 mg magnesium per 30 gram. Pilihlah makanan sesuai selera Anda yang bisa dijadikan alternatif obat bila mengalami migrain.
selamat mencobaaaaaa…. 😀

semoga berhasil, semoga migrain ga nempel teruuuussss ^_^ hehehe

~ Adyla Haquee ~

tips-tips ini aku ambil dari internet, saking banyaknya yang aku buka, sampe lupa dari mana. dan lupa ngopy link nya :O maaf ya……

kalo gambar-gambar dari

http://migrainechickie.blogspot.com/2012/06/migraine-girls_11.html

http://aelggi-alp.info/keep-track-of-your-headaches-in-a-journal.html

http://maswaw.wordpress.com/2010/09/26/ikan-dan-ular-sebuah-tips-permasalahan-hutang/

http://ohmyveggies.com/fighting-migraines-with-magnesium-no-bake-molasses-bites-recipe/

5 thoughts on “Migrain oh Migrain…..

  1. Makasih mba adyla atas tips2 nya.. saya adalah org yg sering kena migrain.. saat nulis ini lun saya migrain.. betul sekali dr bbrp faktor pemicu migrain itu sering saya lakukan kecuali yg tidur lagi ya hehehe. dan kalo udah baca.. janji mau tinggalin kebiasaan yg ga baik itu.. tp ya gitu lagi.. akhirnya minum obat deh saking sakitnya.. btw thanks bgt ya.. utk tips2nya minum jahe udah pernah dilakukan.. kalo kopi ga deh.. saya suka der-deran kalo minum kopi hehehe..
    Ok mba Adyla.. sukses terus ya.. !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s