Es Duren, Es Krim Durian ala Bandung :D

durian, si raja buah, duren,Durian. Siapa sih yang tidak kenal buah yang satu ini??? Buah yang memiliki nama latin Durio Zibethinus ini memang selalu memikat banyak orang. Meskipun bentuknya besar dan penuh duri-duri yang tajam, tetapi kita tahu bahwa si Raja Buah ini memiliki daging buah dengan tekstur yang sangat lembut, juga bau yang sangat harum dan terasa menyengat bagi sebagian orang. Buah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara ini seringkali dinikmati oleh penggemarnya dengan cara di makan langsung, tetapi ada pula yang lebih suka memakannya dengan cara diolah menjadi makanan lain. Beberapa contohnya yaitu diolah menjadi eskrim durian, pancake durian, untuk campuran dalam es buah, ada pula yang memakanya dengan cara dimakan bersama ketan, bahkan ada yang mengolahnya menjadi sup durian.

Kemarin setelah berjalan-jalan di ITB (klik: Main ke ITB 😀) dan mengantarkan sepupu sahabatku, Erri, aku mampir membeli es durian. Apa sih es durian itu??? bukan es durian seperti di Jogya lho yaa…..

Di Kota Bandung, kita dapat menemukan beberapa olahan dari buah ini. Salah satunya adalah Es Krim Durian. Meskipun Bandung bukan termasuk Kota Penghasil utama buah durian, kita akan melihat banyak sekali penjual eskrim durian atau biasa disebut es duren, di pinggir-pinggir jalan, terutama di jalan yang menuju ke arah dago. Gerobak-gerobak yang didalamnya menggantung beberapa buah durian akan membuat sebagian orang membayangkan betapa nikmatnya es duren tersebut dan tertarik untuk membelinya, apalagi ketika siang hari dan cuaca panas.

Es duren di Kota Bandung ini cocok sekali untuk kita yang ingin makan durian tanpa harus membayar mahal dan repot-repot membeli buah durian utuh. Karena, rata-rata es duren ini dapat kita nikmati hanya dengan Rp 6000,- sampai Rp 10.000,- saja. Biasanya es duren Bandung ini disajikan dalam cup putih bermotif polkadot. Untuk porsi lengkap, biasanya berisi 1 biji durian (1 mata durian utuh), kemudian eskrim rasa durian, dan tape ketan hitam, kemudian diberi susu cair cokelat atau putih. Tetapi jangan khawatir,… untuk yang ingin mencicipi sedikit rasa durian, kita bisa membeli es krim durian, tape ketan hitam, dan susu saja, tanpa tambahan 1 mata durian. 🙂

Ini beberapa foto-foto es duren Bandung. Dulu ketika saya membelinya, lupa saya foto. Jadi saya ambil foto-foto dari tetangga sebelah 😀 hehehehe….

5 thoughts on “Es Duren, Es Krim Durian ala Bandung :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s