Surabi si Serabi Bandung? Cobain Yuk :)

surabi bandung, srabi bandung, serabi bandungSetiap daerah pasti memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Baik itu minuman, jajanan, makananan ringan, ataupun makanan berat. Setelah kemarin membahas Es Duren Khas Bandung, sekarang giliran salah satu jajanan bandung yang akan dibahas disini, yaitu Serabi Bandung. Tapi sebelumnya, apa sih surabi itu???

Serabi adalah sebuah jajanan pasar tradisional yang berbahan dasar tepung beras atau terigu dan santan kelapa, kemudian diberi pemanis dan sedikit vanili. Tetapi masing-masing daerah memiliki ciri khas serabi yang berbeda-beda. Jika kita menikmati serabi di daerah pesisir, seperti Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Pemalang, serabi biasa disebut dengan srabi. Penyajiannya biasanya dengan santan encer yang terkadang dicampur dengan sedikit gula jawa, tanpa tambahan lain-lain diatas (topping) serabinya. Srabi Brebes dan Tegal umumnya hanya ada satu rasa, yaitu rasa original. Kemudian lain pula dengan serabi Kota Solo (Surakarta) yang juga disebut srabi solo. Srabi Solo adalah salah satu kuliner khas kota solo. Srabi solo rasanya sangat gurih dan manis, disajikan dengan alas daun pisang, atau biasanya digulung berlapis daun pisang tersebut. Pilihan rasa srabi solo juga bermacam-macam, beberapa diantaranya yaitu rasa original (tanpa topping) dan dengan topping meses cokelat, topping pisang, dan sekarang ada pula yang menyediakan srabi dengan topping keju.

Sedangkan untuk serabi Bandung yang biasa disebut dengan surabi, pada awalnya hanya ada dua jenis surabi, yaitu surabi polos (tanpa topping) dan surabi oncom (dengan topping oncom). Ada pula yang disajikan dengan air gula jawa atau gula aren. Meskipun berbeda-beda, tetapi ada ciri khas dalam proses pembuatan surabi, yaitu cara memasaknya. Surabi sering dimasak dengan wajan mini yang terbuat dari tanah liat, kemudian dimasak di atas tungku dengan bahan bakarnya dari api arang. Sehingga seringkali di bagian bawah surabi menempel sedikit abu arang yang berwarna hitam. Terkadang ada pula yang sudah menggunakan wajan alumunium, tetapi masih menggunakan bahan bakar arang.

Di Kota Solo, biasanya kita dapat menemukan penjual srabi disebelah kiri sepanjang jalan utama Kota Solo, yaitu jalan Slamet Riyadi. Sedangkan di Kota Bandung, ketika kita akan mencicipi surabi Bandung, kita dapat menemukannya di sekitar taman Tegalega, dan di dekat pasar di jalan Leuwi Panjang. Tetapi jika ingin mencicipi surabi bandung dengan banyak varian rasa, maka warga Bandung akan menyarankan kita untuk singgah di kedai surabi di jalan Setiabudhi Bandung. Di jalan Setiabudhi ada beberapa kedai surabi, salah satunya adalah kedai Surabi Imut. Kedai Surabi Imut ini memang sudah mengolah bahan dasar surabi menjadi lebih modern hingga rasanya mirip dengan martabak dan cocok dengan berbagai topping. Di surabi menyajikan berbagai macam varian rasa surabi, lebih dari 30 varian rasa surabi ada di kedai Surabi imut ini. Dari mulai surabi original, surabi oncom, surabi telur, surabi sosis, surabi daging, hingga surabi dengan topping fla beraneka rasa.

Untuk masalah harga, jangan khawatir, di kedai Surabi Imut ini mematok harga sekitar Rp3000 – Rp10.000 per porsi. Meskipun surabinya lebih imut, tetapi daging surabinya lebih tebal, sehingga satu surabi pun bisa membuat perut kita kenyang 🙂

ini beberapa foto surabi yang pernah aku beli, waktu itu weekend ke-4 ku di Kota Kembang ini ^_^ aku beli surabi imut dan dimakan di rumah (kost). Hehehe… aku membeli rasa cokelat keju, fla strawberry, dan fla cokelat. Dan karena fla nya dipisah, akhirnya aku variasi sendiri topping fla nya 😀 enaaaaakkk……

surabi bandung, srabi bandung, serabi bandung

surabi imut rasa fla cokelat dan strawberry | photo by adylahaquee

surabi bandung, srabi bandung, serabi bandung

surabi imut rasa cokelat keju | photo by adylahaquee

surabi bandung, srabi bandung, serabi bandung

surabi imut rasa cokelat keju | photo by adylahaquee

One thought on “Surabi si Serabi Bandung? Cobain Yuk :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s